Panduan Liburan ke Gunung Bromo

 

Gunung Bromo – Bagi para penggemar wisata alam, terutama pegunuangan, tentu tak asing lagi saat mendengar kata Bromo. Yap, bromo adalah salah satu nama gunung yang ada di Jawa Timur. Gunung ini masih tergolong gunung vulkanik yang aktif dan masih sesekali mengepulkan abu vulkanik. Gunung bromo juga terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun  dari mancanegara. Tak heran jika gunung ini kini dijadikan ikon andalan pariwisata Jawa Timur bahkan juga pariwisata nasional.

Lokasi gunung ini berada di satu tempat dengan lokasi gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Keduanya berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dikelola oleh empat kabupaten yang berbeda yaitu kabupaten Lumajang, kabupaten Malang, kabupaten Pasuruan dan kabupaten Probolinggo. Gunung bromo memiliki ketinggian lebih dari 2200 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara rata-rata di tempat ini bisa mencapa 2 hingga 20 derajat celcius. Hal inilah yang menjadikan suasa di tempat wisata ini membuat banyak orang betah berlama-lama.

Tak hanya suhunya, pemandangan alamanya yang sangat menawan menjadikan tempat ini adalah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Nah, untuk anda yang penasaran apa saja objek yang bisa dinikamati saat berlibut ke tempat yang pernah menjadi lokasi syuting dua film nasional yang terkenal yaitu Pasir Berbisik dan juga 5 CM yang telah sukses mencari perhatian.

  1. Penanjakan

Lokasi ini berada di sebelah barat dari gunung bromo yang berupa anak tangga yang tinggi. Anak tangga ini menuju ke tugu pandang kawah gunung bromo. Anak tangga ini terdiri dari 200 buah. Dari tugu pandang tersebut, pengunjung bisa melihat kawah bromo yang memiliki luas sekitar 800 meter. Nah, dari sini jugalah para wisawatan biasa menghabiskan banyak waktu untuk menunggu matahari terbit dari ufuk timur untuk diabadikan.

  1. Lautan Pasir

Lautan pasir berbwarna hitam yang memiliki luas sekitar 10 km persegi ini terbentuk dari adanya kaldera saat gunung bromo meletus. Disini para pengunjung bisa menikmati sensasi menunggang kuda atau juga menaiki jeep sebelum melangkah ke penanjakan. Jeep dan kuda tersebut biasnya disewakan oleh para penduduk atau juga oleh agen paket wisata bromo yang bisa anda pilih.

  1. Bukit Teletubis

Bukit savanna yang ada di sebalah barat gunung bromo ini lebih banyak dikenal dengan nama bukit teletabis. Disini terdapat hamparan rumput hijau dan bukit bukit kecil seperti pada serial teletubis. Tempat ini sangat indah dan merupakan lokasi foto yang sangt instagrambale dari gunung bromo.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur ke gunung bromo, ada beberapa panduan yang anda perhatikan, yaitu saat menentukan tanggal dan bulan. Sebaiknya anda memilih pergi pada bulan Juni hingga Oktober, karena pada bulan bulan tersebut sudah memasuki musim kemarau sehingga saat anda ingin menikmati sunrise di atas ketinggian puncak gunung tak akan terhalang oleh awan. Selain itu, karena suhu udara di tempat ini sangat dingin bahkan mencapai 2 derajat, anda sebaiknya membawa baju hangat. Hal ini agar waktu berlibur anda bisa merasa nyaman dan tak merasa kedinginan.

Panduan yang lainnya adalah, berlibur ke wisata gunung bromo alangkah lebih baiknya untuk pergi secara kolektif atau rombongan karena biaya bromo trip akan lebih murah. Nah, itulah tadi ulasan singkat tentang paket murah bromo yang bisa menjadi ulasa anda saat ingin berlibur ke bromo. Terimakasih dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *